(Hadir dengan desain atraktif dan modern, Toyota mengusung konsep MPV crossover yang sporty, foto : toyotabsd.id)

All New Toyota Innova: Mobil Crossover Hibrida yang Menggabungkan Performa dan Efisiensi

teknognews.com– Halo sahabat teknognews.com bagi pecinta otomotif mungkin sudah tidak asing dengan Toyota Innova Zenix, seperti yang sudah diketahui Toyota Innova Zenix adalah mobil crossover hibrida terbaru dari Toyota yang resmi meluncur pada November 2023. kali ini tim teknognews.com akan mereview mobil yang merupakan generasi ketujuh dari Kijang Innova, salah satu mobil keluarga legendaris di Indonesia.

 

Toyota Innova Zenix menawarkan perubahan mendasar dan menyeluruh dari segi desain, mesin, platform, fitur, dan teknologi. Apa saja keunggulan dan kelebihan dari Toyota Innova Zenix? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Desain Atraktif Bergaya MPV Crossover

(Hadir dengan desain atraktif dan modern, Toyota mengusung konsep MPV crossover yang sporty, foto : toyotabsd.id)
(Hadir dengan desain atraktif dan modern, Toyota mengusung konsep MPV crossover yang sporty, foto : toyotabsd.id)

 

Toyota Innova Zenix hadir dengan desain yang atraktif dan modern, mengusung konsep MPV crossover yang sporty dan elegan. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4755 mm, lebar 1850 mm, dan tinggi 1795 mm, dengan ground clearance 185 mm. Mobil ini juga mempunyai berat kosong 1780 kg untuk tipe bensin dan 1820 kg untuk tipe hibrida.

 

Grille baru berukuran besar dan berbentuk trapesium ditaruh pada bagian depan  dengan lampu utama LED yang tajam dan menyatu dengan daytime running light (DRL). Foglamp juga tersedia untuk tipe Q hibrida.

 

Desain bagian samping mobil menampilkan pelek alloy berukuran 16 inci untuk tipe G, 17 inci untuk tipe V, dan 18 inci untuk tipe Q. Mobil ini juga dilengkapi dengan side body moulding dan side skirt yang memberikan kesan dinamis dan aerodinamis.

 

Bergerak ke belakang Toyota Innova Zenix Hybrid terbaru memiliki lampu belakang LED yang ramping dan stylish serta  spoiler atap dan pintu belakang otomatis untuk tipe Q. Bukan hanya itu saja Zenix Hybrid pun dilengkapi dengan roof rail dan atap panoramic yang dapat ditarik untuk tipe V dan Q.

 

Toyota Innova Zenix tersedia dalam lima pilihan warna, yaitu Platinum White Pearl, Silver Metallic, Attitude Black, Graphite Metallic, dan Red Mica Metallic. Di samping itu, ada juga pilihan aksesori Modellista yang menambahkan grille ornament, bumper spoiler, dan emblem khusus untuk tipe V dan Q.

 

Mesin dan Platform Baru yang Lebih Bertenaga dan Irit

(Dengan mengadopsi mesin dan platform baru Toyota Innova Zenix diklaim lebih irit, gambar : moladin.com)
(Dengan mengadopsi mesin dan platform baru Toyota Innova Zenix diklaim lebih irit, gambar : moladin.com)

 

Mengusung tagline “Cross Into the New Energy” Toyota Innova Zenix janjikan pengalaman berkendara superior dengan mengadopsi mesin dan platform baru yang merupakan bagian dari Toyota New Global Architecture (TNGA).

 

Dynamic Force Engine 2.0 liter  menghasilkan tenaga maksimal 172 hp pada 6600 rpm dan torsi maksimal 203 Nm pada 4400-4800 rpm.

 

Mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT yang memiliki 10 percepatan simulasi dan  diklaim lebih bertenaga dan irit bahan bakar dibandingkan mesin sebelumnya yang berkapasitas 2.0 liter dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

 

Selain mesin bensin, Toyota Innova Zenix juga menawarkan pilihan mesin hibrida yang merupakan generasi kelima dari Toyota Hybrid System (THS II). Mesin hibrida menggabungkan mesin bensin 1.8 liter dengan motor listrik yang memiliki baterai lithium-ion.

 

Mesin hibrida ini dapat mencapai tenaga maksimal 122 hp pada 5.200 rpm dan torsi maksimal 126 Nm pada rpm 3.600. sementara motor listriknya mampu memberikan tenaga puncak 72 hp dengan torsi maksimum 163 Nm.

 

Kemudian, Mesin hibrida disandingkan dengan transmisi otomatis CVT yang memiliki 10 percepatan simulasi. Mesin hibrida diklaim lebih efisien dan ramah lingkungan hanya dengan konsumsi bahan bakar 23,8 km/liter dan emisi CO2 77 g/km.

 

Platform baru yang digunakan oleh Toyota Innova Zenix adalah TNGA-K, yang merupakan platform monokok dengan penggerak roda depan.

 

Lebih dari itu, platform baru berbeda dari platform sebelumnya yang merupakan ladder frame dengan penggerak roda belakang.

 

Dengan suspensi MacPherson strut di bagian depan dan torsion beam di bagian belakang, platform baru ini menawarkan stabilitas, kenyamanan, dan keamanan yang lebih baik.

 

Platform terbaru juga dioptimalkan dengan Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dan Electric Parking Brake (EPB) dengan Brake Hold.

 

Toyota Innova Zenix dipercanggih dengan fitur dan teknologi  yang memanjakan pengemudi dan penumpang. Fitur-fitur ini meliputi:

 

  • Head unit dengan layar sentuh 9 inci untuk tipe G dan 10 inci untuk tipe V dan Q, yang memiliki konektivitas smartphone, navigasi, kamera mundur, dan wireless charger.

 

  • Dual rear seat entertainment dengan layar 10 inci untuk tipe V dan Q, yang dapat diputar secara independen dan memiliki konektivitas HDMI, USB, dan Bluetooth.

 

  • Smart entry dan start/stop button untuk semua tipe, yang memudahkan pengemudi untuk masuk dan menyalakan mesin tanpa kunci, berfungsi meningkatkan kenyamanan dan keamanan Anda dengan mengenali kunci pintar yang

 

Anda hanya perlu menekan tombol di pintu atau di dashboard untuk membuka atau menutup mobil, serta menyalakan atau mematikan mesin.

 

  • Power backdoor dengan voice command untuk tipe Q, yang memudahkan pengemudi untuk membuka dan menutup pintu bagasi dengan suara atau remote.

 

Fitur power backdoor  berguna saat Anda membawa barang bawaan yang banyak atau berat. Anda dapat mengatur ketinggian pintu bagasi sesuai dengan kebutuhan.

 

  • Panoramic view monitor untuk tipe Q, yang memberikan pandangan 360 derajat dari sekitar mobil melalui empat kamera. Dengan fitur tersebut membantu Anda parkir dan bermanuver lebih mudah dan aman.

 

  • Toyota Safety Sense (TSS) untuk tipe Q, yang merupakan sistem keselamatan aktif yang terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Automatic High Beam (AHB).

 

Selain fitur-fitur di atas, Toyota Innova Zenix juga memiliki fitur-fitur standar seperti dual SRS airbag, ABS, EBD, BA, immobilizer, alarm, seat belt reminder, ISOFIX, dan emergency stop signal.

 

Harga dan Varian Toyota Innova Zenix

(Foto: oto.com)

 

Toyota Innova Zenix tersedia dalam dua varian, yaitu bensin dan hibrida, dengan enam pilihan tipe, yaitu G, V, G Hybrid, V Hybrid, Q Hybrid, dan Q Hybrid Modellista. Berikut ini adalah daftar harga OTR DKI Jakarta, Bekasi, dan Banten per 1 Januari 2024:

 

– Toyota Innova Zenix 2.0 G CVT: Rp 425.600.000

– Toyota Innova Zenix 2.0 V CVT: Rp 473.600.000

– Toyota Innova Zenix 1.8 G Hybrid CVT: Rp 471.600.000

– Toyota Innova Zenix 1.8 V Hybrid CVT: Rp 535.750.000

– Toyota Innova Zenix 1.8 Q Hybrid CVT: Rp 614.750.000

– Toyota Innova Zenix 1.8 Q Hybrid Modellista CVT: Rp 624.600.000

 

Harga jual ditetapkan masing-masing dealer. Untuk informasi harga terkini, Anda dapat menghubungi dealer Toyota terdekat juga  melakukan pemesanan online melalui situs web resmi Toyota.

 

Demikian ulasan mengenai mobil Toyota Innova Zenix Hybrid, silahkan simak artikel menarik lainnya, semoga bermanfaat, terimakasih.