10. Inilah 7 Cara Mengatasi HP Lemot yang Mudah Tanpa Service

Inilah 7 Cara Mengatasi HP Lemot yang Mudah Tanpa Service

teknognews.com. Hallo sahabat teknognews.com. Pasti Anda ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi HP lemot yang mudah tanpa harus service. Terkadang perangkat pintar bisa saja rusak atau mengalami penurunan kinerja. Kejadian ini akan sangat menyulitkan pemiliknya karena perangkat ini sangat dibutuhkan.

Biasanya orang-orang akan langsung panik dan pergi ke tempat service. Namun sebenarnya saat perangkat ini menjadi lambat kinerjanya, Anda tidak harus terburu-buru pergi ke tempat service, karena ada beberapa hal yang bisa dilakukan secara mandiri.

Jika Anda mendapatkan musibah seperti perangkat pintar yang tiba-tiba lemot ini, pastikan jangan panik dan langsung lakukan beberapa hal yang bisa mengatasinya. Namun jika masih belum tahu bagaimana caranya, perhatikan beberapa hal berikut ini. Berikut ulasan yang disajikan oleh tim teknognews.com.

Inilah 7 Cara Mengatasi HP Lemot

Perangkat pintar yang tiba-tiba kinerjanya tidak normal pasti terjadi karena suatu hal. Bisa karena perlakukan terhadap perangkat yang kurang sesuai dengan seharusnya. Atau bisa juga karena terdapat yang salah pada sistem di dalamnya.

Menangani HP yang lemot seharusnya sudah bisa dilakukan secara mandiri dengan mudah, namun untuk itu Anda harus memahami bagaimana cara mengatasi HP lemot. Caranya sangat mudah, bahkan tanpa ada pemahaman tentang HP pasti juga bisa melakukannya.

Namun tanpa harus menganalisis semua penyebab tersebut, Anda sudah bisa mencoba melakukan beberapa hal yang dapat mengatasinya. Coba lakukan 1 per 1 cara untuk mengatasi perangkat yang kinerjanya lambat. Inilah beberapa caranya.

  1. Uninstall aplikasi tidak penting

cara mengatasi HP lemot pertama yang bisa dilakukan adalah dengan uninstall aplikasi tidak penting. Biasanya hal ini terjadi karena beban memori sudah terlalu berat. Sehingga Anda harus menguranginya dengan uninstall aplikasi tersebut agar memorinya luang.

Perhatikan apa saja aplikasi yang tidak penting. Pastikan Anda benar-benar hanya menyisakan aplikasi penting saja. Jika setelah melakukan hal ini perangkat sudah bisa bekerja seperti sebelumnya maka Anda sudah tidak perlu membawanya ke tempat service.

Namun jika perangkatnya masih tetap lambat kinerjanya, coba lakukan langkah-langkah lainnya sampai benar-benar berhasil. Dengan begitu, tahap satu akan segera berhasil dan sukses dilakukan.

  1. Hapus file tidak penting

Kemudian lakukan cara mengatasi HP lemot lainnya seperti menghapus file tidak penting. Masalah paling sepele yang menyebabkan perangkat jadi lambat biasanya karena memorinya sudah benar-benar penuh sampai tidak bisa menampung apa-apa lagi.

Ada cara cepat untuk menghapus file tidak penting, yaitu dengan memanfaatkan tools pembersihan cepat. Biasanya juga ada aplikasi pembersihan cepat yang bisa menemukan dan menghapus file tidak pernah dipakai dengan cepat.

Namun, jika tidak ingin menggunakan tools atau aplikasi tersebut, coba hapus filenya secara mandiri dengan memilihnya di file manager. Cara ini akan memakan waktu lama, namun lebih baik daripada file yang ternyata penting terkena hapus.

  1. Hapus running application

Biasanya setelah memakai aplikasi, HP masih menjadikan status aplikasi tersebut sebagai running. Sehingga jika ingin membuka aplikasinya lagi, para pengguna tidak perlu mengulang dari awal. Namun terkadang hal ini justru bisa memberatkan kinerja HP.

Sehingga sebaiknya Anda melakukan cara mengatasi HP lemot yaitu menghapus running application di background HP agar kinerjanya bisa normal kembali dan tidak memberatkan HPnya. Namun jika masih tidak berhasil, coba lakukan langkah-langkah selanjutnya.

  1. Install update sistem terbaru

Coba install update sistem terbaru di perangkat, karena terkadang kinerja lambat juga bisa terjadi karena sistem sudah lama. Setiap beberapa periode, sistem akan mengalami update atau pembaharuan. Sehingga pemiliknya harus setuju untuk melakukan update sistem itu.

Jika tidak maka perangkat tidak bisa mengikuti sistem terbaru dan justru menghambat kinerja HPnya karena sistem tidak baru. Biasanya terdapat pemberitahuan untuk melakukan update sistem sehingga pasti mudah mengetahui kapan sistemnya harus diupdate.

Untuk melakukan update sistem harus menggunakan koneksi internet. Kemudian perangkat dalam keadaan mati dan harus ditunggu beberapa menit. Jika masih belum berhasil, coba lakukan cara mengatasi HP lemot lainnya.

  1. Jangan charge sambil dipakai

Hindari charge perangkat sambil digunakan. Hal ini hanya akan membuat perangkatnya semakin rusak. Sebaiknya gunakan HP saat baterainya full kemudian charge sambil didiamkan. Bahkan jika bisa dicharge dalam keadaan mati saja.

Menggunakan perangkat sambil dicharge memang sudah pasti akan membuat kinerjanya jadi lambat. Apalagi jika umur perangkatnya sudah sangat lama. Pastikan merawat HPnya dengan baik agar Anda tidak perlu menghadapi maasalah kelambatan kinerja.

  1. Restart HP

Coba lakukan cara mengatasi HP lemot seperti restart perangkatnya. Begitu HP mulai lambat kinerjanya, pastikan menutup semua running application kemudian lakukan restart. Biasanya setelah kinerjanya melambat, proses restart juga akan lebih lambat.

Tunggulah sampai HPnya kembali menyala, namun jangan langsung digunakan ketika HPnya sudah nyala kembali. Tunggulah beberapa saat baru gunakan untuk mencoba apakah kinerjanya sudah bisa normal seperti biasa. Biasanya HP sudah akan kembali normal.

Namun jika masih saja belum bisa normal kinerjanya, Anda harus melakukan langkah selanjutnya sebagai upaya terakhir. Cara selanjutnya mungkin akan bekerja dengan baik pada ponsel Anda.

  1. Diamkan selama beberapa saat sampai perangkatnya dingin

Langkah terakhir yang bisa coba Anda lakukan adalah dengan mematikan HPnya kemudian diamkan selama beberapa saat di lantai atau di tempat bersuhu dingin. Biasanya kinerja melambat juga bisa terjadi karena baterainya terlalu panas.

Setelah perangkatnya bersuhu dingin, Anda sudah pasti mencoba menyalakannya kembali. Kemudian pastikan apakah sudah tidak lambat seperti sebelumnya. Melakukan beberapa cara mengatasi HP lemot memang mudah, sehingga tidak harus ke tempat service dahulu.

Demikian sekilas ulasan ini, silahkan simak artikel menarik lainnya, semoga bermanfaat, terimakasih.