7. Kelebihan Toyota Innova Zenix Hybrid Dibanding Pesaingnya

Kelebihan Toyota Innova Zenix Hybrid Dibanding Pesaingnya

teknognews.com. Hallo sahabat teknognews.com.  Toyota Innova Zenix Hybrid yang meluncur secara global pada bulan November 2022 ini banyak menarik perhatian. Sebab, Innova Reborn atau model lamanya sudah sangat melekat dihati masyarakat.

Model tersebut juga akan diekspor ke 13 negara tujuan yang di dalamnya termasuk Thailand, Malaysia, serta Filipina. Tipe kendaraan ini dibekali dengan dua pilihan mesin yaitu 2.000 CC Konvensional dan 2.000 CC Hybrid.

Selain beberapa hal tersebut, masih banyak kelebihan yang bisa Anda lihat pada model terbaru Toyota Innova. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai kelebihan mobil keluaran terbaru tersebut. Berikut ulasan yang disajikan oleh tim teknognews.com.

Toyota Innova Zenix Hybrid dengan Berbagai Kelebihannya yang Menguntungkan

Untuk mesin konvensional (Innova Zenix) terdapat dua varian bensin type G dengan harga Rp419 juta dan bensin type V seharga Rp467 juta. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan mobilitas sehari-hari.

Sedangkan versi Innova Hybrid terdapat tiga type yakni G dengan harga Rp458 juta, V seharga Rp532 juta, dan terakhir Q dibanderol Rp611 juta. Harga tersebut tentu sesuai spesifikasi yang diberikan.

Kelebihan utama dari model ini dapat dilihat dari konsumsi BBM yang lebih irit. Kemudian hadirnya banyak fitur modern seperti panoramic sunroof juga sangat dinantikan oleh masyarakat.

Semakin banyaknya developer mobil, Toyota berusaha untuk selalu berinovasi dan menghadirkan produk sesuai kebutuhan konsumen. Berikut ini beberapa kelebihan utama dari hasil inovasi Toyota pada produk baru mereka.

  1. Konsumsi BBM yang Lebih Irit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Toyota Innova Zenix Hybrid tidak memakan banyak bahan bakar minyak. Model tersebut menggunakan 2 konfigurasi mesin yaitu Hybrid (M20A-FXS) dan Bensin (M20A-FKS).

Khusus varian bensin, performanya mampu meraih daya maksimum 167hp pada 6.600rpm dan torsi punya 202Nm pada perputaran 4.900rpm. Konsumsi BBM diklaim 15 KM/Liter, lebih irit dibandingkan model lama.

Selanjutnya pada varian hybrid, terdapat perpaduan Dynamic Force dengan baterai Lithium Ion. Hasil kombinasi tersebut mampu menghasilkan tenaga gabungan maksimum 223hp dengan konsumsi BBM 21 KM/Liter.

Penggabungan keduanya dilakukan melalui transmisi 10-percepatan CVT, sehingga tidak lagi memiliki varian mesin diesel. Kemampuan model baru dalam mengirit BBM ini juga lebih baik dibandingkan tipe lama.

Pasalnya model sebelumnya yaitu Innova Reborn masih menggunakan mesin diesel 2GD yang berkubikasi 2.393CC Turbo. Dengan begitu, tipe tersebut hanya mampu menghemat solar sebanyak 14 KM/Liter.

Kemudian, dibandingkan pesaingnya, yaitu Wuling Almaz Hybrid, Toyota Innova Zenix Hybrid dinilai lebih baik dalam hal penghematan. Hal tersebut dikarenakan SUV lima berlian tersebut hanya mampu menghemat 19 KM/Liter.

  1. Panoramic Sunroof

Fitur canggih selanjutnya yang dihadirkan pada produk keluaran baru ini adalah adanya panoramic sunroof. Fitur ini memang menjadi kekurangan pada model lama. Padahal kompetitor lain sudah menerapkan fitur ini.

Kehadiran panoramic sunroof membuat Toyota Innova Zenix Hybrid semakin kompetitif dibandingkan pesaingnya. Pasalnya, dilihat dari sisi ukuran, kaca yang digunakan cenderung besar dan membentang dari depan ke belakang.

Dari dalam kabin kendaraan, penumpang bahkan dapat melihat pemandangan alam secara lebih mudah. Kehadiran sunroof juga membuat kabin terasa semakin lapang dan menambahkan kesan mewah pada interior.

  1. Captain Seat Ottoman

Kelebihan berikutnya adalah penggunaan captain seat ottoman yang berbeda dengan captain seat biasa. Tipe ottoman ini tentu lebih nyaman untuk digunakan oleh penumpang, karena perbedaan sandaran kaki.

Sandaran kaki pada tipe ottoman membuat penumpang duduk secara lebih rileks. Hal ini disebut keunggulan, lantaran kompetitor Toyota Innova Zenix Hybrid belum memiliki fitur yang sama pada jok mobil mereka.

Kemudian, penumpang pada jok baris kedua juga akan mendapatkan fitur layar berukuran 10 inchi. Fitur dual rear seat entertainment ini bahkan bisa disambungkan dengan smartphone untuk menampilkan gambar dan video.

Selanjutnya, bagi penumpang pada jok baris ketiga juga tetap akan terasa nyaman. Pasalnya, ruang kabin mobil tersebut sangat lega dengan penambahan jarak sumbu roda 185mm dibandingkan model lama menjadi 2.850mm.

  1. Toyota Safety Sense 3.0

Toyota Innova Zenix Hybrid ini juga menghadirkan teknologi baru berkaitan dengan keamanan. Teknologi ini serupa dengan Toyota Voxy maupun bZ4X yang terintegrasi Pre-Collision System (PCS) hingga Lane Tracing Assist (LTA).

Kemudian, teknologi ini juga terintegrasi oleh Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) with Curve Speed Reduction hingga Automatic High Beam (AHB). Dengan begitu keamanan pengemudi dan penumpang akan semakin terjaga.

Terdapat fitur baru pada TTS 3.0 dibandingkan dengan versi TTS 2.0. Pertama, jarak pendeteksian ke depan menjadi semakin luas, baik mengarah ke atas maupun bawah, serta ke kanan maupun kiri.

Selain itu, fitur deteksi ke arah depan bisa melihat objek bergerak dengan lebih luas, bahkan melalui jarak lebih dekat. Kedua, improvement tersebut masuk dalam aspek teknis pada radar untuk mendeteksi.

TTS 3.0 pada Toyota Innova Zenix Hybrid mampu mendeteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda pada arah berlawanan. Sistem ini bahkan mampu mendeteksi objek lain yang melintas di persimpangan.

  1. Buka Bagasi Melalui Perintah Suara

Kelebihan selanjutnya adalah adanya power back door dengan Voice Command, sehingga memudahkan pengguna saat membuka bagasi. Tidak perlu menyentuhnya, pengguna hanya perlu membuka melalui perintah suara.

Untuk membukanya, pengguna cukup berjalan ke arah bagasi belakang dan berikan jarak 40cm dengan membawa smart key. Kemudian ucapkan Hai Innova hingga terdengar suara beep sebanyak 1x.

Selanjutnya, ucapkan Buka Pintu lalu akan terdengar kembali bunyi beep sebanyak 1x. Mundurlah satu langkah, maka akan terdengar bunyi beep panjang selama 2x dan lampu hazard berkedip.

Setelah itu, pintu bagasi mobil akan terbuka secara otomatis. Dengan begitu, Anda sama sekali tidak perlu repot-repot menyentuh bagasi dan membukanya dengan tenaga yang berlebih, sehingga tidak akan membebani Anda.

Dengan kelebihannya tersebut, pesaing Toyota akan semakin waspada karena inovasi perusahaan tepat sesuai kebutuhan konsumen. Oleh sebab itu, Toyota Innova Zenix Hybrid ini sangat dipertimbangkan untuk digunakan sebagai kendaraan keluarga.

Demikian sekilas ulasan ini, silahkan simak artikel menarik lainnya, semoga bermanfaat, terimakasih.