Penyebab Ponsel Lag Ini Perlu Anda Hindari

Penyebab Ponsel Lag Ini Perlu Anda Hindari

Penyebab ponsel lag muncul karena berbagai faktor, mulai dari terlalu banyak menginstal aplikasi, kondisi baterai yang telah menurun, atau karena kapasitas RAM yang kecil. Dan juga penyebab yang paling krusial adalah banyaknya virus yang masuk.

Lag sering terjadi pada semua jenis smatphone, ketika menjalankan aplikasi ataupun game yang berat. Hal ini dapat membuat Anda tidak nyaman saat beraktivitas menggunakan smartphone. Selain pada ponsel lag juga sering terjadi pada laptop ataupun computer.

Sehingga penting untuk tau cara menghindari lag pada ponsel, supaya ponsel Anda semakin lancar dan tidak ngelag. Walaupun spesifikasi smartphone Anda tinggi, tidak menjamin pemasalahan lag ini tidak terjadi.

Penyebab Ponsel Lag yang Perlu Anda Ketahui Agar Nyaman Saat Beraktivitas

Kenyamanan saat beraktivitas menggunakan ponsel merupakan hal yang penting, karena apabila terjadi lag aktivitas yang tadinya menyenangkan akan jadi membosankan. Maka dari itu berikut adalah 9 penyebab ponsel menjadi lag yang perlu Anda ketahui.

  1. Space Memori Internal Penuh

Penyebab lag ponsel yang pertama adalah banyaknya cache dan sampah, sehingga menumpuk di memori. Jika Anda tidak memperhatikan cache dan sampah tersebut akan menumpuk dan membuat system jadi lama dalam merespon dan terjadi lag.

Kapasitas memori menjadi hal yang sangat penting, dalam system karena memori tempat menyimpan segala aplikasi dan data. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan memori Anda dan menghapus aplikasi atau data yang menurut Anda tidak terlalu penting.

  1. Spesifikasi Ponsel yang Kurang Baik

Penyebab yang selanjutnya adalah spesifikasi ponsel yang kurang baik dalam menjalankan aplikasi. Karena semakin berkembangnya zaman Aplikasi semakin berat dan besar, sehingga processor dan GPU generasi lama akan membuat ponsel Anda lag dan lemot.

Jika Anda memiliki spesifikasi ponsel yang kurang baik, sebaiknya Anda tidak menginstal aplikasi atau pun game yang akan memperlambat kinerja ponsel Anda. Namun, Anda bisa menginstal Aplikasi yang tidak terlalu berat agar dapat berkerja secara optimal.

  1. Banyak Aplikasi yang Berjalan

Selanjutnya, penyebab ponsel lag adalah membiarkan banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sehingga membuat ponsel Anda bekerja keras secara ekstra untuk membagi proses pemrosesan data.

Ketika ada aplikasi yang sedang terbuka namun Anda tidak menggunakannya, sebaiknya anda membuang recent app nya. Hal kecil itu akan sangat mengurangi lag pada ponsel Anda, karena sistem tidak akan membagi tugasnya.

  1. Ponsel Terkena Virus

Penyebab ponsel lag yang selanjutnya adalah ponsel Anda terkena virus. Virus yang menyerang aplikasi dan sistem sangat berdampak buruk terhadap performa ponsel android. Banyaknya virus sering yang menyerang akan membuat aplikasi error, lag, dan lemot.

Virus atau malware yang menyerang aplikasi ponsel Anda. Anda bisa mengecek nya dengan melakukan scanning pada sistem dan aplikasi secara menyeluruh menggunakan aplikasi keamanan.

  1. Wallpaper Animasi Atau Tema Bergerak

Penyebab ponsel lag yang selanjutnya adalah penggunaan wallpaper animasi atau tema bergerak. Hal itu memang sangat menarik dan membuat tampilan semakin bagus. Tapi dibalik itu semua membutuhkan RAM yang cukup besar yang akan membuat ponsel anda lag.

Selain memakan RAM yang besar, wallpaper animasi atau tema bergerak juga akan membuat baterai boros. Jadi sebaiknya untuk kamu yang mempunyai ponsel entry level, agar tidak memasang wallpaper animasi atau tema bergerak.

  1. Bermain game secara terus menerus

Penyebab lag yang selanjutnya adalah memainkan game, secara terus menerus selama berjam jam akan membuat ponsel menjadi sangat panas. Sehingga pemrosesan dari perangkat keras mencapai tingkat maksimum.

Hal itu lah yang jadi penyebab ponsel lag atau lemot sesaat bermain ataupun setelah bermain game. Maka dari itu perlu Anda perhatikan, berapa lama Anda bermain gam. Agar ponsel bisa bekerja secara optimal.

  1. Banyak Aplikasi yang Terinstall

Penyebab ponsel lag yang selanjutnya adalah banyaknya aplikasi yang Anda install pada ponsel.

Walaupun ponsel Anda memiliki memori internal yang besar, bukan berarti Anda bebas menginstal semua aplikasi yang ada.

Semakin banyak aplikasi yang Anda install, semakin lemot dan lag juga ponsel Anda. Cara terbaik adalah dengan menghapus aplikasi besara yang sekiranya tidak penting atau aplikasi yang tidak Anda pakai.

  1. Main Game Sambil di Mengisi Baterai

Perlu Anda ketahui mengisi baterai ternyata juga dapat membuat ponsel lag atau lemot. Di beberapa ponsel masa kini, banyak yang performanya akan menurun ketika mengisi daya. Hal tersebut agar proses pengisian daya lebih efisien.

Bermain game sambil mengisi daya dapat mengurangi umur baterai. Selain itu juga bermain game sambil mengisi daya dapat membua ponsel panas karena ada daya yang masuk dan daya yang dipakai secara bergantian. Sehingga membuat ponsel cepat lelah dan terjadi lag.

  1. Bug Pada Sistem Operasi

Bug pada sistem operasi dapat mengonsumsi baterai yang sangat besar dan berbeda dengan yang biasanya dikonsumsi batas normal. Bug juga membuat aplikasi berjalan terus menerus di latar belakang, sehingga membuat ponsel panas dan menjadi lag.

Bug pada sistem operasi juga membuat konfigurasi yang tidak optimal. Apabila bug ini terjadi pada ponsel Anda, sebaiknya Anda memperbaikinya dengan cara update sistem operasi ponsel Anda. Hal itu akan menghilangkan bug dan membuat ponsel Anda tidak lag dan lemot lagi.

Saat ini kenyaman dalam beraktivitas menggunakan ponsel merupakan hal yang sangat di butuhkan oleh semua orang. Oleh karena itu tahu penyebab ponsel lag merupakan hal yang sangat penting, agar tidak terjadi lag saat beraktivitas.

Demikian sekilas ulasan inisilahkan simak artikel menarik lainnya, terimakasih.