Petualangan Pasutri Menggunakan Mobil Listrik Wuling Minions Air EV dari Surabaya Go To Sabang – Day 3

Teknognews.com. Halo sahabat teknognews.com. Artikel berikutnya tim teknognews.com masih dalam mengikuti petualangan Pasutri yaitu om Rony Mamoru bersama istri dari Surabaya menuju km 0 Sabang dengan menggunakan mobil listrik Wuling Minions Air EV dengan hastag #AirEVGo2Sabang #AirEVkm0INA. Ayo kita ikuti kembali petualangannya di :
Day 3. Kamis, 07 Desember 2023 – Tepat pukul 06.30 WIB, kami meninggalkan kota Semarang, dengan tujuan pertama Kampung Jawa – Pawone Simbah yang terletak di perbatasan kabupaten Batang dan kota Pekalongan. Perjalanan sejauh 97 km kami tempuh via tol selama 1.5 jam. Kami tiba di sebuah rumah nuansa desa lama dan langsung mengambil sendiri ala prasmanan, masakan-masakan yang disajikan di dapur yang terdiri dari cukup banyak pilihan, semuanya makanan khas Jawa yang bisa bikin kalap. Puas sudah sarapan pagi ini.
Perjalanan berlanjut menuju ke kota Cirebon, yang diselingi dengan charging di Rest Area KM 229B selama 1 jam. Setibanya di Cirebon, timbullah masalah pertama yang harus kami hadapi dalam perjalanan yang masih panjang ini… SPKLU di PLN Tuparev ternyata antri! Langsung cek kondisi SPKLU di PLN Pelabuhan, statusnya available.
Tapi setibanya di sana, kami langsung dicegat oleh sekuriti jaga dan bilang bahwa SPKLU nya sudah 3 bulan rusak dan belum diperbaiki… Gosh! Ini kantor PLN lho, agak terdengar aneh sich alasan sekuriti tersebut. Namun mau gimana lagi, akhirnya kami memutuskan untuk melupakan sejenak masalah yang kami hadapi dengan memuaskan perut dengan Nasi Jamblang Bu Nur yang lezat itu. Setelah makan, kami coba lagi ke PLN Tuparev, ternyata masih belum selesai digunakan. Lewat bantuan rekan Air EV owner, saya diarahkan ke Dealer Wuling yang “katanya” boleh charge di sana.
Namun setibanya di tujuan, ternyata hanya boleh charge 1 jam, dimana tentu tidak akan cukup digunakan sampai ke Bandung (butuh minimal 2 jam). Saya coba nego, diberi 1.5 jam… nego lagi, katanya diusahakan diberi 2 jam. Namun prakteknya, setelah 1.5 jam saya “diusir”… ya udah, namanya juga diberi gratis, saya tetap mengucapkan terima kasih atas bantuannya… namun, ini jadi catatan bahwa saya ga akan charge di dealer jika tidak sangat terpaksa 😜 Akhirnya saya balik lagi ke PLN Tuparev yang ternyata SPKLU nya masih digunakan 🙁 akhirnya nyerah dan dapat info ada SPKLU di Hotel Fieris di dekat gate tol Kertajati. Syukurlah kami diterima dengan sangat ramah oleh karyawan hotel dan lega bisa charge di sana 🥳
Selepas charge, kami melanjutkan perjalanan ke Bandung lewat tol Cisumdawu yang kabarnya baru dioperasikan. Sayang hari sudah malam jadi keindahan alam sekitar di atas tidak terlihat. Perjalanan di tol Cisumdawu ini benar-benar menguras batre… disarankan jika ke Bandung dari Cirebon, ada daya batre minimal 80% dan jalan dengan mode Eco saja; atau minimal 55-60% jika berangkat dari SPKLU Hotel Fieris Kertajati. Kami tiba di Bandung sekitar pukul 21.00 dan langsung bertemu dengan rekan sesama Air EV owner Bandung, ngobrol-ngobrol sejenak, lalu menuju ke hotel untuk beristirahat.
Capek mulai terasa… 14 jam perjalanan hari ini, saatnya charge tenaga untuk besok melanjutkan perjalanan ke Jakarta. Nite all! 😴
Bersambung…