Teknologi Robotic Process Atuomation, Bukti Kecanggihan Masa Depan.jpg

Teknologi Robotic Process Automation, Bukti Kecanggihan Masa Depan

teknognews.com. Hallo sahabat teknognews.com. Teknologi Robotic Process Automation merupakan salah satu bukti dari canggihnya masa depan. Konsep ini menggunakan robot yang diciptakan untuk membentuk kehidupan dan pekerjaan manusia. Selama ini Anda tentu hanya bisa melihat robot di film saja bukan? Berikut tim teknognews.com sajikan ulasanya menariknya.

Robot yang dimaksud tersebut bukanlah robot sembarangan karena bisa melakukan pekerjaan dengan sifat repetitive. Bukan juga robot yang memiliki bentuk besar yang bisa membasmi kejahatan seperti di film. Lalu, robot yang seperti apa yang dimaksud?

Teknologi Robotic Process Automation dalam Kehidupan Sehari-hari

Di jaman yang sudah serba maju dan canggih seperti sekarang, keberadaan robot memang sudah bukan menjadi hal mustahil lagi. Robot merupakan salah satu benda yang dapat digunakan dalam membantu pekerjaan manusia. Penggunaannya tentu saja dibantu software.

Apakah setelah ada robot, pekerjaan manusia menjadi hilang? Tentu saja tidak. Kehadiran Dari teknologi Robotic Process Automation ini memberikan kesempatan pekerjaan yang lebih efektif dibandingkan tanpa bantuan robot.

Pekerjaan manusia akan menjadi lebih menarik dan kreatif. Semua pekerjaan bahkan bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Teknologi ini sebenarnya sudah Anda Kenal dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu contoh Robotic Process Automation atau RPA yang sudah berkembang dalam kehidupan sehari-hari adalah penggunakan di jalan tol dan parkiran. RPA dalam hal tersebut telah menggantikan pekerjaan manusia sebesar 50 persen lebih.

Meskipun demikian, RPA tetap membutuhkan korporasi dari manusia. Teknologi Robotic Process Automation ini membutuhkan interaksi erat antara manusia dengan robot. Pelayanan akan menjadi lebih baik dan pekerjaan akan menjadi lebih bernilai.

Setiap industry baik telekomunikasi, manufaktur, hospitality, layanan keuangan, maupun transportasi tentunya memiliki proses yang berbeda-beda dalam pekerjaannya. Ketika proses mampu diotomatisasikan, maka fungsi dari industry akan menjadi lebih baik.

RPA dalam hal ini bisa menjadi sebuah pekerja yang virtual dan dapat membantu manusia dalam melakukan tugas harian secara berulang-ulang. Ini memungkinkan bank-bank modern bisa memenuhi tuntutan tinggi yang mereka hadapi dalam pekerjaannya.

Contoh Teknologi Robotic Process Automation

Adanya teknologi RPA memang membuat pekerjaan manusia akan menjadi semakin terbantu. Berbagai macam kegiatan bisa menjadi terbantu. Berikut contoh dari teknologi robotic process automation dalam kehidupan.

  1. Robot pengantar makanan

Salah satu contoh RPA yang sudah berkembang dalam kehidupan adalah robot pengantar makanan. Pernahkah Anda Mendengar restoran di Jepang yang telah mengembangkan bisnis tersebut?

Adanya bantuan robot membuat staf restoran menjadi terbantu. Hal ini terutama dalam kondisi restoran yang sedang ramai. Selain itu, keberadaan robot rupanya menarik para pengunjung dan menjadi ingin mencoba pengalaman baru makan di tempat itu.

  1. Aplikasi kartu kredit

Teknologi robotic process automation lainnya yang mungkin sudah pernah Anda temui adalah aplikasi kartu kredit. Ini sengaja deprogram untuk mengumpulkan informasi berupa dokumen penerima kartu kredit dan kemudian melakukan validasi.

  1. Help Desk

Sebagian besar dari Anda Mungkin sudah pernah mendengar tentang help desk. Ternyata, ini merupakan salah satu bagian dari RPA. Awalnya, yang berada di balik layar tersebut memang orang-orang yang bekerja.

Orang-orang di belakang help desk akan melakukan pekerjaan untuk melayani keluhan dari para pelanggan. Semenjak ada RPA, maka manusia bisa terbantu karena tidak perlu menangani permasalahan yang sama secara berulang-ulang.

  1. RPA Dalam bisnis

Salah satu bentuk dari teknologi robotic process automation dalam bisnis seringkali ditemukan dalam hal pembaruan data, validasi data, hingga pemindaian dokumen. Pembaruan data seringkali dilakukan dan sekarang ini bisa dilakukan secara otomatis.

RPA dalam hal tersebut juga melakukan validasi data. Hal ini akan memungkinkan setiap orang terhindar dari fraud. Terakhir, teknologi robotic dilengkapi menggunakan machine learning yang bisa membaca dokumen bisnis.

Manfaat Teknologi Robotic Process Automation Bagi Manusia

Kemampuan dari RPA yang mampu melakukan berbagai pekerjaan seperti manusia membuat manusia tentu saja karenanya. RPA dalam hal ini tentu saja memiliki berbagai macam manfaat yang berguna bagi pekerjaan manusia.

Di antara berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh manusia dengan adanya teknologi yang sangat mutakhir ini antara lain adalah :

  1. Transformasi digital menjadi lebih cepat

Kecanggihan dari teknologi inovasi membuat transformasi digital berjalan dengan lebih cepat. Ini akan membuat system kerja manusia dilakukan secara digital di lingkungan perusahaan.

  1. Biaya operasional menjadi lebih hemat

Pekerjaan yang dilakukan dengan menggunakan robot tentu saja akan berjalan dengan lebih cepat. Dengan demikian, biaya operasional yang keluar akan menjadi jauh lebih hemat dibandingkan tanpa menggunakan robot.

Pemeliharaan software robotic memang diperlukan agar robot bisa melakukan pekerjaannya dengan maksimal. Namun demikian, biaya pemeliharaannya juga tidak terlalu besar jika dibandingkan pekerjaan yang bisa dilakukan robot tersebut.

  1. Produktivitas menjadi lebih meningkat

Software atau RPA memang dirancang dengan sebaik mungkin sehingga bisa bekerja dengan lebih cepat, lebih gesit, serta efisien. Ini tentu saja membuat produktivitas menjadi lebih meningkat.

Meskipun waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan bagi manusia cukup lama, ini berbeda jika dilakukan oleh robot. Robot bisa melakukan pekerjaan dengan cepat dengan hasil yang lebih banyak.

  1. Akurasi lebih meningkat

Perbedaan yang paling mencolok antara pekerjaan yang dilakukan secara manual oleh manusia dengan robot adalah tingkat akurasi. RPA dilengkapi dengan algoritma sehingga bisa meminimalisir terjadinya kesalahan dalam melakukan pekerjaannya. Akhirnya, akurasi menjadi lebih meningkat.

Teknologi yang ada di dunia sekarang memang sangat canggih dan memudahkan pekerjaan manusia. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah merasa terbantu dengan robot. Teknologi robotic process automation memang sangat berguna di era serba modern sekarang.

Demikian sekilas ulasan inisilahkan simak artikel menarik lainnya, terimakasih.