Tips Upgrade RAM Laptop Supaya Hasilnya Tidak Mengecewakan
close up hand insert or install the ram memory component in the pc motherboard

Tips Upgrade RAM Laptop Supaya Hasilnya Tidak Mengecewakan

teknognews.com. Hallo sahabat teknognews.com. Ketahui tips upgrade RAM laptop di sini, untuk meningkatkan produktivitas Anda. Dan perhatikan hal-hal di bawah ini agar hasilnya tidak mengecewakan. Anda mungkin pernah merasa kesal dengan laptop Anda. Stress juga karena kerjaan Anda tidak bisa diselesaikan dengan cepat. Berikut simak ulasan menarik dari tim teknognews.com.

Problemnya satu yaitu, laptop Anda bekerja dengan sangat lama. Kondisi ini biasanya dikenal dengan sebutan ‘lemot’ merujuk pada keadaan laptop yang kurang bagus.

Laptop yang lemot tidak akan mampu menyelesaikan pekerjaan Anda dengan cepat. Ditambah Anda tidak akan bisa melakukan berbagai tugas dalam satu waktu.

Jika kondisinya sudah parah, sampai Anda tidak bisa membuka aplikasi sederhana seperti Microsoft. Mungkin ini saatnya untuk Anda menambah RAM laptop Anda.

Tips Upgrade RAM Laptop Agar Hasilnya Sesuai Harapan

Jika Anda berencana untuk mengupgrade RAM laptop Anda. Jangan lakukan dengan asal, atau nanti hasilnya akan mengecewakan.

Beberapa hal di bawah ini penting untuk Anda perhatikan sebelum menambah RAM. Berikut tips upgrade RAM laptop agar hasilnya sesuai harapan:

1.      Sesuaikan dengan Kebutuhan Anda

Tips pertama untuk menambah RAM laptop Anda adalah ketahui kebutuhan Anda. Besaran RAM yang akan ditambahkan pada laptop bisa berbeda-beda untuk setiap orangnya.

Jika Anda bekerja sebagai editor dan sering menggunakan laptop untuk melakukan editing foto, video, atau film. Kemungkinan Anda akan membutuhkan RAM sebesar 8 GB.

RAM 8 GB akan mampu membantu kamu untuk mengerjakan proses editing tanpa ngelag. Jika Anda merasa besaran RAM nya masih kurang, Anda bisa menentukan untuk menambahkan yang lebih besar dari 8GB.

Jika Anda hanya membutuhkan laptop untuk pekerjaan dengan aplikasi yang sederhana. Maka Anda bisa memutuskan untuk menambah RAM laptop di bawah 8 GB.

Jadi tips upgrade RAM laptop pertama, pastikan jumlah RAM yang harus di upgrade disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dan sekiranya mampu menunjang performa kinerja Anda.

Karena, jika Anda memasang RAM dengan kapasitas yang sangat besar, dan di luar dari kebutuhan Anda. Hal ini juga bisa berbahaya pada laptop Anda. Jadi, perlu diingat, bahwa Anda hanya perlu menambahkan RAM yang menunjang aktivitas kerja Anda dan tidak lebih.

2.      Sesuaikan dengan Sistem Operasi Laptop Anda

Tips upgrade RAM Laptop yang kedua adalah memastikan sistem operasi laptop Anda. Sistem operasi yang Anda gunakan sangat berpengaruh pada jumlah RAM yang bisa ditambahkan.

Pertama ketahui apakah menggunakan sistem operasi yang 64 bit atau 32 bit. Perbedaan di antara keduanya mengacu pada banyaknya kapasitas register yang bisa ditangani oleh CPU dalam sekali perhitungan.

Pastinya, sistem operasi 64-bit mampu menangai lebih banyak dibanding sistem operasi 32-bit. Dan batas limit sistem operasi 32-bit yaitu 4GB.

Sehingga, jika Anda mengupgrade RAM dengan kapasitas lebih dari itu, yang terbaca hanya 4GB. Sementara untuk Windows 10 64-bit, bisa mencapai 128GB.

3.      Sesuaikan dengan Tipe RAM Laptop Anda

Tips upgrade RAM laptop yang selanjutnya, sesuai dengan tipe RAM laptop Anda. Tipe RAM terbai menjadi dua yaitu SODIMM dan DIMM. Tipe RAM ini akan menentukan besaran RAM yang bisa Anda tambahkan pada laptop atau komputer Anda.

Misalnya SODIMM DDR4 8GB PC4-19200 (2400MHz). DDR4 berarti tipe RAM yang dipakai, dan 8GB adalah kapasitas RAM dan PC4-19200 (2400MHz) berarti tipe memorinya yang memiliki kecepatan 2400 MHz.

4.      Sesuaikan dengan Frekuensi atau Kecepatan RAM Laptop Anda

Tips upgrade RAM laptop selanjutnya, perhatikan frekuensi dan kecepatan RAM pada laptop Anda. Karena RAM yang akan diupgrade harus identik dengan RAM bawaan dari laptop.

Jika RAM tambahan Anda memiliki kecepatan yang lebih tinggi. Hasilnya tidak akan terlihat karena RAM tersebut akan tetap mengikuti frekuensi dari RAM bawaan di laptop Anda.

Mudahnya begini, jika RAM bawaan dari laptop Anda adalah DDR4 PC4-19200 (2400 MHz). maka Anda harus upgrade dengan RAM baru bertipe DDR4 PC4-22400 (2400 MHz) juga.

5.      Bertanya pada Ahli Perlaptop-an

Tips terakhir adalah pastikan untuk bertanya pada ahlinya. Tips ini akan sangat membantu jika Anda masih ragu mengenai beberapa hal.

Anda bisa bertanya pada teman atau orang yang ahli di bidang teknologi yang Anda kenal. Dengan bertanya Anda bisa menghindari kesalahan saat menambah RAM laptop.

3 Keuntungan Jika Anda Meng-upgrade RAM Laptop

Setelah tips upgrade RAM laptop di atas, dan jika Anda masih ragu untuk menambah RAM laptop. Anda mungkin membutuhkan alasan yang kuat untuk melakukannya.

Berikut adalah 3 keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan mengupgrade RAM laptop Anda. Simak informasi selengkapnya di bawah ini:

1.      Multitasking Jauh Lebih Halus

Jika pekerjaan Anda membutuhkan banyak aplikasi. Dan Anda sering membuka berbagai aplikasi untuk melakukannya. Anda mungkin harus menambah RAM pada laptop Anda. Atau jika tidak laptop Anda akan lebih sering ngelag dan eror.

Dengan mengupgrade RAM laptop Anda.  Maka dapat membantu Anda untuk melakukan tugas secara multitasking. Laptop dengan RAM yang berkapasitas besar. Akan membantu Anda menyelesaikan berbagai tugas dengan cepat dalam satu waktu.

2.      Web Surfing Jadi Lebih Cepat

Anda mungkin sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk berselancar di internet. Semakin banyak tab yang dibuka semakin laptop Anda menjadi lemot.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan menambahkan RAM pada laptop Anda. Dengan menambah kapasitas RAM maka, akan membantu browser Anda memproses lebih banyak tab dengan cepat.

3.      Meningkatkan Performa Multimedia Berkualitas Tinggi

Jika Anda pernah mendapatkan rasa kesal karena laptop Anda lemot saat berusaha memproses foto atau video. Mungkin juga karena RAM laptop Anda yang terlalu kecil.

Dengan RAM yang lebih besar. Maka, laptop Anda akan mampu merespon aplikasi secara cepat untuk menampilkan gambar berkualitas tinggi.

Jangan ragu untuk upgrade RAM laptop atau komputer demi meningkatkan kinerja Anda. Pastikan untuk mengikuti setiap tips upgrade RAM laptop hanya di sini.

Demikian sekilas ulasan ini, silahkan simak artikel menarik lainnya, terimakasih.