(Foto oto.com)
(Foto oto.com)

Toyota Innova Zenix Mesin Hybrid atau Bensin, Apa Bedanya?  Konfigurasi, Keunggulan, Kekurangan, dan Harga

Teknognews.com- Halo sahabat teknognews sebagai pecinta otomotif mungkin sudah tidak asing lagi dengan Toyota Innova Zenix, pada November 2023 lalu Toyota telah meluncurkan generasi terbarunya dengan dua pilihan mesin yakni, bensin dan hybrid. Dengan mesin, platform, serta fitur-fitur terbaru Toyota Innova Zenix menawarkan kenyamanan, performa, dan efisiensi yang lebih baik.

 

Kali ini tim teknognews.com akan mengulas mengenai perbedaan, konfigurasi, keunggulan, kekurangan, serta harga mesin hybrid dan bensin. Simak informasi lebih lanjut dalam artikel ini.

 

Perbedaan Tipe Hybrid dan Bensin Toyota Innova Zenix

 

Mesin bensin dan hybrid keduanya  mempunyai perbedaan utama pada mesin, konsumsi bahan bakar, performa, dan fitur. Berikut adalah beberapa perbedaan antara Toyota Innova Zenix Hybrid dan Bensin:

 

Mesin

Mobil Toyota Innova Zenix Hybrid mengusung mesin berkapasitas 2.0 liter dengan kode M20A-FXS, yang dipasangkan dengan baterai lithium ion. Mesin tersebut memiliki kemampuan untuk mencapai tenaga maksimum sebesar 223 hp dan torsi puncak mencapai 202 Nm.

 

Toyota Innova Zenix bensin memakai mesin 2.0-liter berkode M20A-FKS yang menggunakan transmisi 10-percepatan CVT. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimum 167 hp dan torsi puncak 202 Nm.

 

Konsumsi Bahan Bakar

 

Toyota Innova Zenix Hybrid memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit, yaitu 21 km/liter. Mesin hybrid lebih efisien jika digunakan pada kemacetan atau kecepatan rendah.

 

Berlawanan dengan mesin hybrid, Toyota Innova Zenix bensin mengkonsumsi bahan bakar cukup baik, mencapai 15 km/liter. Efisiensi mesin bensin ini lebih optimal saat digunakan di jalan tol atau pada kecepatan konstan.

 

Performa

 

Toyota Innova Zenix Hybrid menyajikan performa  lebih responsif dan agresif daripada Toyota Innova Reborn Diesel, dengan mesin yang menghasilkan tenaga sebesar 146,9 hp dan torsi 343 Nm. Selain itu, dibandingkan generasi sebelumnya mesin hybrid  lebih ramah lingkungan dan mengurangi bobot hingga 170 kg.

 

Menampilkan performa tangguh dan stabil, tetapi tidak secepat mesin hybrid. Mesin bensin mempunyai power to weight ratio yang bisa meningkat sebesar 79 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

 

Fitur

 

Toyota Innova Zenix hybrid dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang tidak dimiliki Toyota Innova Zenix bensin, seperti panoramic sunroof, Toyota Safety Sense 3.0, dan sistem buka bagasi dengan perintah suara. Fitur-fitur ini menambah kenyamanan dan keselamatan pengemudi dan penumpang.

 

Toyota Innova Zenix non-hybrid masih mempertahankan  fitur-fitur standar yang  ada pada varian sebelumnya, seperti jok  (bukan dari bahan kulit), minim panel soft touch, tidak ada wireless charger, dan tidak ada transmisi manual. Fitur-fitur ini mungkin kurang memuaskan bagi konsumen yang menginginkan kualitas premium.

 

Kelebihan Toyota Innova Zenix Mesin Hybrid dan Bensin

 

Generasi terbaru dari Kijang Innova ini  hadir dengan dua pilihan mesin yaitu, hybrid dan bensin. Berikut adalah beberapa keunggulan dari masing-masing mesin:

 

Mesin hybrid (M20A-FXS) berkapasitas 2.000 cc dan dikombinasikan dengan baterai lithium ion sehingga mampu menghasilkan tenaga gabungan maksimum 223 hp serta konsumsi bahan bakar yang sangat irit, yaitu 21 km/liter.

 

Mesin hybrid juga lebih ramah lingkungan disertai fitur-fitur canggih seperti panoramic sunroof, Toyota Safety Sense 3.0, dan buka bagasi dengan perintah suara.

 

Mesin bensin (M20A-FKS) berkapasitas 2.000 cc  dipadukan transmisi CVT 10-percepatan. Dengan kemampuan ini, mesin dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 167 hp dan torsi puncak 202 Nm.

 

Konsumsi bahan bakar mesin bensin pun cukup baik, mencapai 15 km/liter. Tidak hanya itu, mesin bensin menawarkan performa tangguh, kenyamanan tingkat tinggi, dan ketersediaan suku cadang yang mudah.

 

Mesin hybrid maupun bensin merupakan kendaraan MPV yang memberikan kombinasi performa, kenyamanan, dan efisiensi bahan bakar yang optimal. Meski demikian, terdapat beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, seperti:

 

Kekurangan Mesin Hybrid vs Bensin

 

1.     Harga yang Mahal

 

Toyota Innova Zenix mesin Hybrid dan Bensin dipasang dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada varian sebelumnya, yaitu Innova Reborn.

 

Harga Innova Zenix mesin hybrid berkisar antara Rp 458 juta hingga Rp 611 juta, sedangkan harga Innova Zenix mesin bensin berkisar antara Rp 419 juta sampai Rp 467 juta. Harga ini mungkin tidak terjangkau bagi sebagian konsumen.

 

2.     Fitur yang Kurang Lengkap

 

Walaupun Toyota Innova Zenix mesin hybrid dan bensin sudah dilengkapi dengan beberapa fitur canggih, seperti panoramic sunroof, Toyota Safety Sense 3.0, dan buka bagasi dengan perintah suara, mobil ini masih memiliki beberapa kekurangan fitur, seperti jok yang bukan dari kulit, minim panel soft touch, tidak ada wireless charger, dan tidak ada transmisi manual.

 

Fitur-fitur tersebut mungkin diharapkan oleh sebagian konsumen yang menginginkan kualitas premium.

 

3.   Ketersediaan Suku Cadang yang Terbatas

 

Toyota Innova Zenix mesin Hybrid dan Bensin menggunakan mesin baru yang berbeda dari varian sebelumnya.

 

Mesin ini mungkin belum banyak tersedia di bengkel resmi maupun non-resmi. Hal ini bisa menyulitkan apabila mobil Anda mengalami kerusakan atau perlu perawatan rutin. Anda mungkin harus menunggu lebih lama atau membayar lebih mahal untuk mendapatkan suku cadang yang sesuai.

 

4.     Konsumsi Bahan Bakar yang Tidak Konsisten

Toyota Innova Zenix mesin hybrid dan bensin memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit, yaitu 21 km/liter untuk mesin hybrid dan 15 km/liter untuk mesin bensin.

 

Namun, konsumsi bahan bakar  bisa berubah tergantung pada kondisi jalan, kecepatan, dan gaya berkendara Anda.

 

Mesin hybrid lebih efisien jika digunakan pada kemacetan atau kecepatan rendah, sedangkan mesin bensin efektif melaju di jalan tol atau kecepatan konstan.

 

Anda mungkin tidak bisa mendapatkan konsumsi bahan bakar yang optimal jika  sering berpindah-pindah kondisi jalan.

 

Harga, Promosi, dan Cicilan Toyota Innova Zenix Hybrid dan Bensin

 

(Foto commons.wikimedia.org)
(Foto commons.wikimedia.org)

 

Berikut adalah informasi tentang harga, promosi, dan cicilan Toyota Innova Zenix Hybrid dan Bensin:

 

Harga

 

Toyota Innova Zenix Hybrid dipatok dengan harga mulai dari Rp 458 juta hingga Rp 611 juta, tergantung dari tipe dan fitur yang dipilih. Toyota Innova Zenix Bensin dibanderol dengan harga mulai dari Rp 419 juta hingga Rp 467 juta.

 

Promosi

 

Konsumen bisa mendapatkan penawaran berbagai promo menarik, seperti diskon, cashback, gratis asuransi, gratis servis, dan gratis aksesoris. Promo ini berbeda-beda di setiap dealer resmi Toyota dan berlaku selama persediaan masih ada.

 

Cicilan

 

Pembelian Toyota Innova Zenix hybrid  bensin dapat dicicil dengan cicilan yang ringan dan fleksibel. Cicilan bulanan terendah dimulai dari Rp 7,77 juta untuk tipe G Hybrid dan Rp 10 juta untuk tipe G Bensin. Cicilan ini berdasarkan uang muka 25% dan bunga 6% selama 72 bulan.

 

Demikian ulasan mengenai mobil Toyota Innova Zenix  mesin hybrid dan bensin, silahkan simak artikel menarik lainnya, semoga bermanfaat, terimakasih.